Selasa, 8 Oktober 2019

Opsi-Opsi Adaptasi Perubahan Iklim dan Pengurangan Risiko Bencana Tingkat Daerah

Opsi adaptasi perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana
Opsi adaptasi perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana

Laporan ini menampilkan hasil kajian tentang biaya, manfaat, dan preferensi pemangku kepentingan terhadap opsi-opsi API dan PRB di tingkat lokal di DAS Brantas, Jawa Timur.

Secara umum, kegiatan ini bertujuan memahami biaya dan manfaat dari opsi-opsi adaptasi perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana di tingkat lokal di DAS Brantas, Jawa Timur, sekaligus memberikan pemahaman kepada para pemangku kepentingan tentang biaya dan manfaat dari opsi-opsi tersebut.

Secara lebih khusus, kegiatan ini mengandung tiga tujuan. Tujuan pertama adalah memahami biaya dan manfaat dari opsi-opsi API dan PRB pada skala dan cakupan yang ditentukan, yakni pada kabupaten dan kota yang berada di DAS Brantas di Jawa Timur, dalam hubungannya dengan elemen-elemen biaya dan manfaat, dimensi waktu dari biaya dan manfaat, dan pembagian biaya dan manfaat dari opsi-opsi API dan PRB.

Tujuan kedua adalah menganalisis persepsi dan preferensi pemangku kepentingan terhadap biaya dan manfaat dari opsi-opsi API dan PRB. Persepsi dan preferensi tersebut hendak dipahami melalui mekanisme deliberasi publik yang melibatkan pemangku kepentingan yang mewakili aktor negara maupun bukan-negara, baik di hulu maupun hilir DAS Brantas.

Tujuan ketiga, yang terkait erat dengan dua tujuan di muka, adalah membangun perangkat dan pendekatan (tool and approach) dalam memahami biaya dan manfaat dari opsi-opsi API dan PRB termasuk dalam mengintegrasikan dimensi biaya dan manfaat ke dalam perencanaan pembangunan di tingkat daerah. Melalui kegiatan ini, pemangku kepentingan diharapkan terlibat langsung dalam memahami apa dan bagaimana sebuah analisis biaya dan manfaat dihasilkan dalam berbagai konteks API dan PRB. Dengan demikian, laporan ini bukanlah tentang sebuah analisis biaya dan manfaat (cost and benefit analysis) yang lazim. Kegiatan kajian yang dilakukan tidak ditujukan untuk menghasilkan sebuah analisis biaya manfaat.